DN-01, Motor Konsep Jadi Nyata

Honda memang bukan hanya tukang berkhayal, tapi benar-benar mau mewujudkan khayalannya. Seperti mimpi-mimpi Soichiro Honda (pendiri Honda) yang berubah jadi nyata, DN-01 juga berangkat dari mimpi. Lalu dipajang sebagai motor konsep sampai akhirnya pada Februari 2008 lalu benar-benar di wujudkan secara nyata dengan diproduksi masal.

Mesinnya 680cc OHC V-twin. Rasanya cukup untuk menarik badan ke belakang kala selongsong gas dipelintir dalam secara tiba-tiba. Uniknya meski bertenaga besar, DN-01 menggunakan transmisi automatic yang disebut dengan Human Friendly Transmission.

Sistem ini bekerja secara hidrolis yang memungkinkan penyaluran daya dari mesin ke roda tetap responsif meski bertransmisi automatic. Ups, pantas bila banyak yang menyebut motor bertampang layaknya ikan hiu ini super galak.

Namun meski galak sistem pengeremannya wajib mantap dong! Buktinya selain memiliki fitur ABS, Honda juga mengaplikasikan Combined Brake System (CBS) pada motor ini. CBS berfungsi untuk membagi kekuatan pengereman di roda depan dan belakang secara bersamaan. Jadi satu tuas dicolek, rem depan belakang berfungsi semua.

CBS ini bisa ditemui pada tuas rem di stang, sedang pada pedal rem di kaki hanya untuk memfungsikan rem belakang saja. Dengan penggabungan ABS dan CBS ini diharapkan mampu meredam ganasnya mesin 680cc DN-01.

Penulis/Foto : Popo

0 komentar:


 

K2 Modify 2007 | Use it. But don't abuse it.