Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Vario anda Awet dan gak hangus garansinya 1. Oli
Menggunakan Federal oil Flick atau oli mesin 4 tak dengan viskositas SAE 10W-30 JASO MB(API service SG, SH, SJ atau SL
Penggantian periodik :
- oli mesin setiap 4.000 km
- oli transmisi setiap 8.000 km
2. Cairan Radiator
Menggunakan cairan radiator (coolant) HGP PRE-MIX COOLANT Honda Motorcycle Genuine Coolant
Penggantian periodik setiap 8.000 km (1 tahun)
3. Minyak rem
Mengganti dan menambahkan minyak rem secara teratur dengan Honda Brake Fluid Dot-4
Penggantian periodik setiap 10.000 km
Dan juga periksa ketebalan kampas rem depan dan belakang secara periodik (tergantung pemakaian)
4.Oli Shock
Karena shock depan menggunakan teleskopik maka gantilah oli shock secara teratur dengan oli Shock SHOWA
Penggantian secara periodik 15.000 km (tergantung pemakaian)
5.Saringan Udara
Viscous Element (saringan udara yang tidak perlu dibersihkan)
Penggantian periodik setiap 16.000 km (sesuai kondisi jalan)
6. V-Belt
Pembersihan ruang V-Belt dan komponennya setiap 8.000 km (sesuai kondisi jalan)
Penggantian periodik setiap 24.000 km
7. Mesin
Putaran mesin stationer 1700 +/- 100 rpm, jarak renggang klep in 0,16 mm – ex 0,25 mm
Menggunakan Federal oil Flick atau oli mesin 4 tak dengan viskositas SAE 10W-30 JASO MB(API service SG, SH, SJ atau SL
Penggantian periodik :
- oli mesin setiap 4.000 km
- oli transmisi setiap 8.000 km
2. Cairan Radiator
Menggunakan cairan radiator (coolant) HGP PRE-MIX COOLANT Honda Motorcycle Genuine Coolant
Penggantian periodik setiap 8.000 km (1 tahun)
3. Minyak rem
Mengganti dan menambahkan minyak rem secara teratur dengan Honda Brake Fluid Dot-4
Penggantian periodik setiap 10.000 km
Dan juga periksa ketebalan kampas rem depan dan belakang secara periodik (tergantung pemakaian)
4.Oli Shock
Karena shock depan menggunakan teleskopik maka gantilah oli shock secara teratur dengan oli Shock SHOWA
Penggantian secara periodik 15.000 km (tergantung pemakaian)
5.Saringan Udara
Viscous Element (saringan udara yang tidak perlu dibersihkan)
Penggantian periodik setiap 16.000 km (sesuai kondisi jalan)
6. V-Belt
Pembersihan ruang V-Belt dan komponennya setiap 8.000 km (sesuai kondisi jalan)
Penggantian periodik setiap 24.000 km
7. Mesin
Putaran mesin stationer 1700 +/- 100 rpm, jarak renggang klep in 0,16 mm – ex 0,25 mm
Label: Honda Vario, Tips
Lupakan jalan yang makin menyempit. Lupakan kemacetan yang makin menyebalkan dan menjadi-jadi. Toh menyesali kondisi jalanan yang tidak nyaman tak ada gunanya juga. Bikers bisa berbuat sesuatu untuk sedikit mengurangi keruwetan lalu lintas di jalan, yakni sikap berkendara. Sikap berkendara ini cermin dari tipe atau karakter pengendara, jelas Ridwan Z. Syaaf, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia. Menurut Jusri Pulubuhu, Training Director JDDC Jakarta, ada tiga tipe pengendara. Pertama pengendara Defensive, pengendara aktif dan terakhir pengendara pasif.
Tipe pengendara defensive punya kecenderungan pro aktif. Selalu bisa membaca situasi. Tidak suka menduga-duga terhadap kemungkinan yang bakal terjadi, jelasnya.
Contoh karakter ini bisa dilihat dari cara berkendara. Ia selalu waspada, jika di depan ada kendaraan pelan. Pengendara defensive akan memberikan tanda agar pengendara lain tahu keberadaannya. Bisa dengan memberikan klakson, ungkap pria yang mangkal di bilangan Pondok Indah.
Pengendara defensive mampu melakukan penyesuaian terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi. Jika dilihat jalan tidak memungkin ngebut tentu dia akan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Tipe kedua pengendara aktif. Ridwan Z syaaf menyebutnya dengan tindakan agresif. Tidak peduli terhadap aturan lalu lintas. Egonya sangat tinggi. Tujuannya agar cepat sampai tanpa memperhatikan kaidah yang berlaku.
Tipe inilah yang kerap menimbulkan potensi kecelakaan di jalan raya. Munculnya sikap agresif atau aktif ini bisa karena lingkungan. Kemacetan misalnya, orang ingin cepat sampai maka dilakukan segala cara, tambah jusri lagi. Terobos lampu merah atau naik trotoar salah satu contoh konkret tipe agresif ini.
Terakhir adalah tipe pasif. Karakternya pengendara jenis ini memiliki kecenderungan acuh beibeh. Tipe ini tidak sadah bahwa jalanan merupakan killing field. Mereka menganggap bahwa berkendara adalah sesuatu yang biasa-biasa saja. Tidak memiliki potensi bahaya, papar Jusri.
Dalam pengamatan Jusri, pengendara wanita sebagian besar masuk dalam tipe ini. Pengendara cewek cenderung tidak curiga. Jarang memperkirakan hal yang buruk. Orang lain diharapkan yang mengerti kita. Bukan kita yang mencoba mengerti orang lain, katanya lagi.
Dalam kaitan itu, pengalaman berkendara saat mudik lebaran bisa dijadikan contoh pengendara pasif. Yakni masih banyak pengendara yang cuek terhadap bahayanya turing lebaran dengan membawa anak-anak dan bagasi berlebih. Jelas ini sikap prilaku yang cuek beibeh.
Menurut Jusri agar terhindar dari keruwetan sikap defensive seluruh pengendaralah yang harus diutamakan. Itu jika kita mau berkendara secara aman, tuturnya.
Tipe pengendara defensive punya kecenderungan pro aktif. Selalu bisa membaca situasi. Tidak suka menduga-duga terhadap kemungkinan yang bakal terjadi, jelasnya.
Contoh karakter ini bisa dilihat dari cara berkendara. Ia selalu waspada, jika di depan ada kendaraan pelan. Pengendara defensive akan memberikan tanda agar pengendara lain tahu keberadaannya. Bisa dengan memberikan klakson, ungkap pria yang mangkal di bilangan Pondok Indah.
Pengendara defensive mampu melakukan penyesuaian terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi. Jika dilihat jalan tidak memungkin ngebut tentu dia akan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Tipe kedua pengendara aktif. Ridwan Z syaaf menyebutnya dengan tindakan agresif. Tidak peduli terhadap aturan lalu lintas. Egonya sangat tinggi. Tujuannya agar cepat sampai tanpa memperhatikan kaidah yang berlaku.
Tipe inilah yang kerap menimbulkan potensi kecelakaan di jalan raya. Munculnya sikap agresif atau aktif ini bisa karena lingkungan. Kemacetan misalnya, orang ingin cepat sampai maka dilakukan segala cara, tambah jusri lagi. Terobos lampu merah atau naik trotoar salah satu contoh konkret tipe agresif ini.
Terakhir adalah tipe pasif. Karakternya pengendara jenis ini memiliki kecenderungan acuh beibeh. Tipe ini tidak sadah bahwa jalanan merupakan killing field. Mereka menganggap bahwa berkendara adalah sesuatu yang biasa-biasa saja. Tidak memiliki potensi bahaya, papar Jusri.
Dalam pengamatan Jusri, pengendara wanita sebagian besar masuk dalam tipe ini. Pengendara cewek cenderung tidak curiga. Jarang memperkirakan hal yang buruk. Orang lain diharapkan yang mengerti kita. Bukan kita yang mencoba mengerti orang lain, katanya lagi.
Dalam kaitan itu, pengalaman berkendara saat mudik lebaran bisa dijadikan contoh pengendara pasif. Yakni masih banyak pengendara yang cuek terhadap bahayanya turing lebaran dengan membawa anak-anak dan bagasi berlebih. Jelas ini sikap prilaku yang cuek beibeh.
Menurut Jusri agar terhindar dari keruwetan sikap defensive seluruh pengendaralah yang harus diutamakan. Itu jika kita mau berkendara secara aman, tuturnya.
Label: Pengendara
Sistem pengapian Honda Vario memang yang paling canggih. Fungsinya bukan sekedar umpan api ke busi, tapi punya tugas lebih banyak lagi. Untuk mengatur pemutus arus listrik di standar samping, sensor di tuas rem untuk electric starter sampai lampu indicator suhu. Semua diatur lewat kotak pengapian.
Sistem pengapian Honda Vario memang yang paling canggih. Fungsinya bukan sekedar umpan api ke busi, tapi punya tugas lebih banyak lagi. Untuk mengatur pemutus arus listrik di standar samping, sensor di tuas rem untuk electric starter sampai lampu indicator suhu. Semua diatur lewat kotak pengapian.
Sumber MotorPlus Tak heran jika CDI Vario disebut Electronic Control Modul(ECM). Sebab menggabungkan tugas CDI dan fungsi Control Unit (pengatur) lewat sebuah processor sebagai otaknya. Selain itu juga ada auto choked di karburator yang bekerja lewat perintah ECM setelah membaca temperature di bawah 40oC dari sensor suhu. Makanya saat dingin atau pagi, putaran mesin jadi tinggi . Begitu suhu diatas 40oC, rpm kembali langsam normal.
Termasuk menghindari dynamo starter rusak saat tombol electric starter dipencet. ECM membatasi mengumpan api ke busi dari 1.000 hingga 1.500 rpm saja. Kalau dynamo berputar lebih dari 1.500 rpm, entakan dengan kruk as bikin rusak gigi dynamo starter.
Tak heran saking banyaknya tugas ECM Vario, jumlah colokan soket berjumlah 18. Bandingkan dengan CDI biasa yang hanya 5 colokan untuk masa, kunci kontak, pulser, sepul pengapian dank koil.
Artinya utak-atik sistem kelistrikan Vario yang tak hati-hati bisa berujung mesin tak mau hidup hingga rusaknya ECM. Maklum semua sensor menuju ke kotak elektronik, salah potong kabel bisa berakibat parah. Jadi jangan main-main dengan ECM Vario.
Setara CDI Dual Band
Kotak pengapian Vario mirip CDI dual band yang bekerja secara otomatis, tanpa perlu pencet tombol. ECM Vario punya dua timing pengapian yang diatur dari bukaan gas. Begitu gas dibuka dikit maka pakai kurva pengapian irit, kalau gas dibetot pindah ke kurva yang kencang.
Ini dikarenakan magnet Vario punya dua tonjolan untuk pulser berjarak 16 mm satu sama lain. Tonjolan pertama panjang 7 mm, yang kedua yaitu 38 mm (gbr. 3). Saat rpm rendah, beda jarak antar tonjolan terbaca jauh oleh pulsar, makin kencang maka terbaca makin rapat, ini yang mengontrol pemilihan kurva pengapian.
Belum lagi processor ECM Vario yang bisa menghasilkan dua ledakan sekaligus saat busi memercikkan api (dual spark). Juga CDI tak bekerja saat tegangan kelewat rendah (auto low voltage protection).
Sistem pengapian Honda Vario memang yang paling canggih. Fungsinya bukan sekedar umpan api ke busi, tapi punya tugas lebih banyak lagi. Untuk mengatur pemutus arus listrik di standar samping, sensor di tuas rem untuk electric starter sampai lampu indicator suhu. Semua diatur lewat kotak pengapian.
Sumber MotorPlus Tak heran jika CDI Vario disebut Electronic Control Modul(ECM). Sebab menggabungkan tugas CDI dan fungsi Control Unit (pengatur) lewat sebuah processor sebagai otaknya. Selain itu juga ada auto choked di karburator yang bekerja lewat perintah ECM setelah membaca temperature di bawah 40oC dari sensor suhu. Makanya saat dingin atau pagi, putaran mesin jadi tinggi . Begitu suhu diatas 40oC, rpm kembali langsam normal.
Termasuk menghindari dynamo starter rusak saat tombol electric starter dipencet. ECM membatasi mengumpan api ke busi dari 1.000 hingga 1.500 rpm saja. Kalau dynamo berputar lebih dari 1.500 rpm, entakan dengan kruk as bikin rusak gigi dynamo starter.
Tak heran saking banyaknya tugas ECM Vario, jumlah colokan soket berjumlah 18. Bandingkan dengan CDI biasa yang hanya 5 colokan untuk masa, kunci kontak, pulser, sepul pengapian dank koil.
Artinya utak-atik sistem kelistrikan Vario yang tak hati-hati bisa berujung mesin tak mau hidup hingga rusaknya ECM. Maklum semua sensor menuju ke kotak elektronik, salah potong kabel bisa berakibat parah. Jadi jangan main-main dengan ECM Vario.
Setara CDI Dual Band
Kotak pengapian Vario mirip CDI dual band yang bekerja secara otomatis, tanpa perlu pencet tombol. ECM Vario punya dua timing pengapian yang diatur dari bukaan gas. Begitu gas dibuka dikit maka pakai kurva pengapian irit, kalau gas dibetot pindah ke kurva yang kencang.
Ini dikarenakan magnet Vario punya dua tonjolan untuk pulser berjarak 16 mm satu sama lain. Tonjolan pertama panjang 7 mm, yang kedua yaitu 38 mm (gbr. 3). Saat rpm rendah, beda jarak antar tonjolan terbaca jauh oleh pulsar, makin kencang maka terbaca makin rapat, ini yang mengontrol pemilihan kurva pengapian.
Belum lagi processor ECM Vario yang bisa menghasilkan dua ledakan sekaligus saat busi memercikkan api (dual spark). Juga CDI tak bekerja saat tegangan kelewat rendah (auto low voltage protection).
Label: Honda Vario
Vario kuter Dengan Fitur Transmisi Otomatis Terlengkap
0 komentar Diposting oleh Honda Aini di 02.07Jakarta, Kamis (03/08) PT Astra Honda Motor memperkenalkan produk terbarunya New Honda Vario, sebuah AT (Automatic Transmission) skuter dengan fitur-fitur baru yang terlengkap di Indonesia. Honda Vario hadir dengan suatu keunggulan berupa built-in liquid-cooled engine (radiator yang menyatu dengan mesin), selain design yang penuh gaya dan berkesan sporty untuk memenuhi keinginan konsumen Indonesia. New Honda Vario ini akan mulai dijual di pasaran melalui seluruh jaringan sepeda motor Honda di Indonesia pada awal bulan September.
Konsep utama dalam pengembangan New Honda Vario ini adalah gabungan antara kenyamanan dan kesenangan dalam berkendara, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah kesan skuter yang "Absolute Matic" dengan memberikan suatu nilai tambah bagi konsumen.
Diciptakan untuk selera gaya generasi muda yang mengutamakan kepribadian, New Honda Vario memberi tekanan pada konsep "Keen and Sharp", dengan memberikan keseimbangan yang baik dalam bermanuver dan kenyamanan, walaupun dikendarai dengan berboncengan.
Dipenuhi dengan teknologi terbaru dari Honda, New Honda Vario menggunakan mesin 110 cc – 4 langkah dengan built-in liquid cooled system, dikombinasikan dengan sistim transmisi V-Matic untuk memberikan akselerasi yang halus tanpa harus melakukan perpindahan tuas persneling.
New Honda Vario akan diproduksi di pabrik ke 3 PT Astra Honda Motor berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, pabrik tercanggih yang dilengkapi dengan teknologi perakitan Honda terbaru.
New Honda Vario dihadirkan dalam 2 tipe yaitu tipe velg racing (Cast Wheel) dan tipe jari-jari (Spoke). Baik tipe velg racing maupun jari-jari tersedia masing-masing dalam 5 varian warna untuk memenuhi selera konsumen yang beraneka ragam.
New Honda Vario dijual dengan harga Rp 12, 5 juta (untuk tipe jari-jari/spoke) dan Rp 13,5 juta (untuk tipe velg racing/CW) untuk on the road Jakarta.
Dimeriahkan Artis Indonesia
Pada acara launching yang sangat meriah di Istora Senayan, tidak kurang dari 5000 orang jaringan Honda seluruh Indonesia hadir disana. Acara dimeriahkan dengan hiburan artis diantaranya Wong Pitoe, Project Pop, Agnes Monica, Delon, Winda dan Suci sangat melengkapi gebyarnya acara tersebut.
Jaringan Honda (H1, H2 dan H3) merupakan ujung tombak bagi AHM. Sebagai wujud ungkapan terima kasih dalam kesempatan ini AHM memberikan penghargaan AHM Award kepada 236 jaringan Honda seluruh Indonesia. Award tersebut diserahkan langsung Miki Yamamoto (President Director AHM) dan Tossin Himawan (Vice Executive President Director AHM) kepada 22 perwakilan dealer dan 17 perwakilan AHASS terbaik berdasarkan pengabdian, loyalitas dan komitmennya terhadap Honda di Indonesia.
Fitur-fitur utama Vario
Absolute Styling
“Keen and Sharp” menekankan pada kemampuan bermanuver Vario
Konsep utama dalam pengembangan New Honda Vario ini adalah gabungan antara kenyamanan dan kesenangan dalam berkendara, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah kesan skuter yang "Absolute Matic" dengan memberikan suatu nilai tambah bagi konsumen.
Diciptakan untuk selera gaya generasi muda yang mengutamakan kepribadian, New Honda Vario memberi tekanan pada konsep "Keen and Sharp", dengan memberikan keseimbangan yang baik dalam bermanuver dan kenyamanan, walaupun dikendarai dengan berboncengan.
Dipenuhi dengan teknologi terbaru dari Honda, New Honda Vario menggunakan mesin 110 cc – 4 langkah dengan built-in liquid cooled system, dikombinasikan dengan sistim transmisi V-Matic untuk memberikan akselerasi yang halus tanpa harus melakukan perpindahan tuas persneling.
New Honda Vario akan diproduksi di pabrik ke 3 PT Astra Honda Motor berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, pabrik tercanggih yang dilengkapi dengan teknologi perakitan Honda terbaru.
New Honda Vario dihadirkan dalam 2 tipe yaitu tipe velg racing (Cast Wheel) dan tipe jari-jari (Spoke). Baik tipe velg racing maupun jari-jari tersedia masing-masing dalam 5 varian warna untuk memenuhi selera konsumen yang beraneka ragam.
New Honda Vario dijual dengan harga Rp 12, 5 juta (untuk tipe jari-jari/spoke) dan Rp 13,5 juta (untuk tipe velg racing/CW) untuk on the road Jakarta.
Dimeriahkan Artis Indonesia
Pada acara launching yang sangat meriah di Istora Senayan, tidak kurang dari 5000 orang jaringan Honda seluruh Indonesia hadir disana. Acara dimeriahkan dengan hiburan artis diantaranya Wong Pitoe, Project Pop, Agnes Monica, Delon, Winda dan Suci sangat melengkapi gebyarnya acara tersebut.
Jaringan Honda (H1, H2 dan H3) merupakan ujung tombak bagi AHM. Sebagai wujud ungkapan terima kasih dalam kesempatan ini AHM memberikan penghargaan AHM Award kepada 236 jaringan Honda seluruh Indonesia. Award tersebut diserahkan langsung Miki Yamamoto (President Director AHM) dan Tossin Himawan (Vice Executive President Director AHM) kepada 22 perwakilan dealer dan 17 perwakilan AHASS terbaik berdasarkan pengabdian, loyalitas dan komitmennya terhadap Honda di Indonesia.
Fitur-fitur utama Vario
Absolute Styling
“Keen and Sharp” menekankan pada kemampuan bermanuver Vario
- "Dual Keen Eyes", lampu depan sporty dengan multi reflector merupakan simbol dari konsep desain Vario yang dinamis dan langsing.
- Desain bodi “Sharp” yang futuristik dan aerodinamis memenuhi selera kaum muda.
Absolute Packaging
Pengemasan “Just Size” yang dilengkapi kelegaan tempat duduk tercanggih,
Pengemasan “Just Size” yang dilengkapi kelegaan tempat duduk tercanggih,
- Kursi ganda yang luas dan pijakan kaki penumpang yang dapat dilipat dari Vario memberikan kenyamanan berkendara bagi pengendara dan kesenangan dalam berboncengan.
Absolute Riding Performance
Kombinasi antara kesenangan berkendara didukung oleh performa yang berkualitas tinggi dengan kenyaman berkendara.
Kombinasi antara kesenangan berkendara didukung oleh performa yang berkualitas tinggi dengan kenyaman berkendara.
- Mesin kapasitas 110 cc – 4 langkah dengan "built-in liquid cooled system”, merupakan kombinasi antara kemampuan mesin yang handal dengan konsumsi bahan bakar yang irit.
- Vario merupakan skuter pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan "sistem transmisi Honda V-Matic", sistim transmisi otomatis yang memberikan akselerasi halus tanpa hentakan dalam segala situasi melalui sistem perpindahan gigi yang berkesinambungan.
Absolute Security
Sistem keamanan canggih skuter yang memberikan rasa aman yang pasti.
Sistem keamanan canggih skuter yang memberikan rasa aman yang pasti.
- "Parking Brake Lock" diaplikasikan pada tuas rem belakang yang memiliki kemiripan cara kerja dengan rem tangan mobil. Rem ini mencegah Vario bergeser atau tergelincir meskipun diparkir pada kondisi jalan yang menurun.
- Untuk menjamin rasa aman, "Side Stand Switch" akan menonaktifkan mesin Vario ketika standar samping masih direndahkan. Ini untuk mencegah cedera yang mungkin muncul dari ke-alpaan pengendara untuk mengangkat standar samping sebelum menyalakan mesin sepeda motor.
- Kunci silinder utama diperlengkapi dengan "Secure Key Shutter", yang melindungi lubang kunci dengan magnet, berguna untuk mengurangi rasa takut kehilangan Vario dari tindakan pencurian.
Absolute Environmental Performance
Teknologi "clean" tercanggih untuk memenuhi standar lingkungan yang lebih dari biasa.
Teknologi "clean" tercanggih untuk memenuhi standar lingkungan yang lebih dari biasa.
- Vario diperlengkapi dengan Secondary Air Supply System (SASS)& Catalytic Converter untuk memenuhi standar Euro-2 yang ditetapkan pemerintah. SASS memasukkan udara bersih kedalam saluran pembuangan untuk membakar ulang gas yang tidak terbakar dengan sempurna di dalam ruang bakar sehingga menghasilkan gas buang hasil pembakaran yang bersih.
Advanced Features
Beberapa item canggih menambah kenyamanan berkendara dan hidup lebih gaya dengan sepeda motor
Beberapa item canggih menambah kenyamanan berkendara dan hidup lebih gaya dengan sepeda motor
- Auto Choke, sistem ini menjamin kestabilan mesin saat dihidupkan. Pemakai terbebas dari pekerjaan untuk menyesuaikan choke, teknologi ini merintis pembaruan signifikan dalam kemudahan penggunaan.
(Djs/Corp. Comm)
Label: Honda Vario
PT Astra Honda Motor merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi sepeda motor. Perusahaan ini didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama PT Federal Motor. Pada tahun 2000 perusahaan ini mulai menggunakan nama yang sekarang dengan komposisi kepemilikan dibagi oleh PT Astra Internasional Tbk dan Honda Motor Co..
Produksi kumulatif perusahaan ini sejak berdirinya hingga 22 September 2005 telah mencapai 15 juta unit motor.
Label: Tentang Honda
Langganan:
Postingan (Atom)